Selasa, 07 Maret 2017

RPP KELAS 6 MAPEL PKN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Identitas Sekolah       : SDN 1 DIKLAT
Kelas/ Semester         : IV /I
Tema                        : Selalu Berhemat Energi
Sub Rema                 : Macam-macam energi
Pembelajaran             : 2
Waktu                       : 6 X 35 menit

A.        Kompetensi Inti
1.    Menerima,menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianut.
2.    Memiliki perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,santun,peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman,guru dan tetangganya
3.    Mengetahui pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar,melihat, membaca)
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dengan bahasa yang jelas,sistimatis,dan logis dalam karya yang estetis dan dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan anak sehat dan beriman serta akhlak mulia.
B.        Kompetensi dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1    Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang
gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2    Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih



Indikator:
1.     Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang pemanfaatan bentuk energi listrik menggunakan bahasa Indonesia
2.     Menerangkan secara lisan dan tulisan tentang manfaat dan cara pemakaian benda benda elektronik secara mandiri menggunakan bahasa Indonesia

I P A
Kompetensi Dasar:
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan
      pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di
     kehidupan sehari hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan
     memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator:
1.  Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda- benda elektronik
2.  Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia

MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
3.11   Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi
          menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian
4.1     Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat
          matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang
          berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait
          dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta
          memeriksa kebenarannya
Indikator:
Mengaplikasikan pemahaman persamaan ekspresi matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan Perkalian

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat bendabenda elektronik.
2.     Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi listrik bagi kehidupan manusia.
3.     Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu mengaplikasikan konsep persamaan ekspresi kalimat matematika dalam operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian secara benar.
4.     Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil  engamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
5.     Setelah kegiatan pengamatan terhadap benda-benda elektronik , siswa mampu menyajikan dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara pengunaan benda benda elektronik dengan benar dalam bentuk buklet.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.    Macam-macam sumber energi buku guru hal. 13-18
2.    Macam-macam sumber energi buku siswa hal. 1-12

E.     Metode dan Pendekatan
1.    Pendekatan      : Soientifik
2.    Strategi           : Cooperatif leaning
3.    Tehnik             :
4.    Metode            : Diskusi,tanya jawab,penugasa,ceramah.

F.     Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Kertas ukuran HVS/A3, pinsil warna, spidol warna untuk buklet
G.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Guru memberi salam kepada siswa, berdoa, dan persensi.
2.   Guru melakukan appersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
3.   Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Siswa mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
15 Menit
Kegiatan Inti
1.   siswa diajak mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada. (mengamati).
2.   Guru mengajukan pertanyaan, tentang macam-macam energi. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang manfaat energi dan cara listrik penghematannya. (menanya).
3.   Guru mengajukan pertanyaan terbuka: “Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah manfaatnya?” (menanya).
4.   Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah, mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel. (Penilaian no. 1) (mengumpulkan informasi).
5.   Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan. (mengasosiasi).
6.   Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada. (mengasosiasi).
7.   Sebelum mengenal sepasang ekspresi kalimat Matematika, Siswa bereksplorasi untuk mengetahui cara menghitung operasi campuran dan mengerjakan soal latihan dengan memperhatikan sifat operasi hitung bilangan. (mengasosiasi).
8.   Guru membawa beberapa contoh buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama “buklet/pamflet” tunjukkan pada siswa dan minta siswa untuk mengamati buklet tersebut. (mengasosiasi).
9.   Siswa berkreasi membuat buklet yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik yang mereka ketahui. (mengasosiasi).
10.Siswa bisa menggunakan data hasil pengamatan pada kegiatan pertama sebagai bahan informasi membuat buklet mereka. (Penilaian no. 2)(mengkomunikasikan)
145 Menit
Penutup
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari. Dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.

15 Menit











H.     Penilaian
1.     Teknik Penilaian
a.     Penilaian Sikap                              : rasa ingin tahu, tekun, teliti, kreatif
b.     Unjuk Kerja                         : Keterampilan membuat kalimat “Buklet”
c.      Penilaian Pengetahuan         : Menjawab soal

2.     Bentuk Instrumen Penilaian
a.     Daftar periksa IPA tabel pengamatan benda-benda elektronik.
KRITERIA
Keterangan

Sudah
Belum
Mencantumkan kegunaan benda elektronik



Mencantumkan perubahan bentuk energi


b.     Penilaian Pengetahuan
Muatan Bahasa Indonesia
    Bentuk Soal : Tulislah kalimat sederhana tentang energi listrik dan manfaatnya.

No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Pemilihan Kosa Kata
Ejaan
Sistematika Penulisan

1

2

3

1

2

3

1

2

3
1.
Beni









2.
Siti









3.
Dayu









Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali







Muatan Matematika











c.     Penilaian Sikap
Lembar pengamatan
Minggu ke-……. Bulan …………2013                                          Subtema ………….
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Rasa ingin tahu
Tekun
Teliti
kreatif
BT
MT
MB
MD
BT
MT
MB
MD
BT
MT
MB
MD
BT
MT
MB
MD
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Beni
















2.
Siti
















3.
Dayu

















Keterangan :
BT     : Belum Terlihat
MT   : Mulai Terlihat
MB   : Mulai Berkembang
MD  : Membudaya
Berilah dengan centang (ü) pada kolom yang sesuai

Nama Kelompok 2 (ARJUNA)
1.   SUYANTO
2.   AHMAD FATHONI
3.   FATIKHI
4.   ALOYSIUS WAKID
5.   FURQON

0 komentar:

Posting Komentar