RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Identitas
Sekolah : SDN 1 DIKLAT
Kelas/
Semester : IV /I
Tema :
Selalu Berhemat Energi
Sub
Rema : Macam-macam energi
Pembelajaran
:
2
Waktu :
6 X 35 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima,menjalankan
dan menghargai ajaran agama yang dianut.
2. Memiliki
perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,santun,peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman,guru dan tetangganya
3. Mengetahui
pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar,melihat, membaca)
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dengan bahasa yang jelas,sistimatis,dan logis dalam karya
yang estetis dan dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan
yang mencerminkan anak sehat dan beriman serta akhlak mulia.
B.
Kompetensi dasar
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil
pengamatan tentang
gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk
tentang pemeliharaan
pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan
tradisional secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih
Indikator:
1. Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
pemanfaatan bentuk energi listrik menggunakan bahasa Indonesia
2. Menerangkan secara lisan dan tulisan tentang manfaat
dan cara pemakaian benda benda elektronik secara mandiri menggunakan bahasa
Indonesia
I P A
Kompetensi Dasar:
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan di
kehidupan sehari hari serta
kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan
memanfaatkan teknologi tersebut.
Indikator:
1. Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat benda-
benda elektronik
2. Melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber
energi listrik bagi kehidupan manusia
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
3.11 Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi
menggunakan
penambahan, pengurangan, dan perkalian
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat
matematika
dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang
berkaitan
dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait
dengan
aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta
memeriksa
kebenarannya
Indikator:
• Mengaplikasikan pemahaman persamaan ekspresi matematika dalam
operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan Perkalian
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah
kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat bendabenda
elektronik.
2.
Setelah
kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber energi
listrik bagi kehidupan manusia.
3.
Dengan
kegiatan eksplorasi mengerjakan soal-soal latihan hitung campur, siswa mampu
mengaplikasikan konsep persamaan ekspresi kalimat matematika dalam operasi
hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian secara benar.
4.
Dengan
kegiatan eksplorasi, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil engamatan dalam bentuk tabel tentang manfaat
benda-benda elektronik dan perubahan bentuk energi listrik dengan benar.
5.
Setelah
kegiatan pengamatan terhadap benda-benda elektronik , siswa mampu menyajikan
dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara pengunaan benda benda
elektronik dengan benar dalam bentuk buklet.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Macam-macam sumber energi buku guru hal. 13-18
2. Macam-macam sumber energi buku siswa hal. 1-12
E. Metode dan Pendekatan
1. Pendekatan : Soientifik
2. Strategi : Cooperatif leaning
3. Tehnik :
4. Metode : Diskusi,tanya
jawab,penugasa,ceramah.
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
Kertas ukuran HVS/A3, pinsil warna,
spidol warna untuk buklet
G. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam kepada siswa, berdoa, dan
persensi.
2.
Guru melakukan appersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum
melaksanakan pembelajaran inti.
3.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat dipahami.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. siswa diajak mengamati lampu di ruang
kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat
saklar yang ada. (mengamati).
2.
Guru
mengajukan pertanyaan, tentang macam-macam energi. Siswa melakukan diskusi kelompok tentang manfaat energi
dan cara listrik penghematannya. (menanya).
3.
Guru
mengajukan pertanyaan terbuka: • “Bagaimana peranan arus listrik
dalam kehidupan
sehari-hari? Adakah manfaatnya?” (menanya).
4.
Siswa
melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah,
mengidentifikasi kegunaan dan
perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil pengamatan dalam bentuk tabel.
(Penilaian no. 1) (mengumpulkan informasi).
5.
Siswa
menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan arus listrik yang merupakan salah
satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan. (mengasosiasi).
6.
Guru
mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada. (mengasosiasi).
7.
Sebelum
mengenal sepasang ekspresi kalimat Matematika, Siswa bereksplorasi untuk mengetahui cara menghitung
operasi campuran dan mengerjakan soal latihan dengan memperhatikan sifat operasi
hitung bilangan. (mengasosiasi).
8.
Guru
membawa beberapa contoh buklet, informasikan bahwa teks tersebut bernama “buklet/pamflet” tunjukkan pada siswa dan minta
siswa untuk mengamati buklet tersebut. (mengasosiasi).
9.
Siswa
berkreasi membuat buklet yang berisi informasi tentang benda-benda elektronik
yang mereka ketahui. (mengasosiasi).
10.Siswa bisa menggunakan data hasil pengamatan pada kegiatan pertama sebagai
bahan informasi membuat
buklet mereka. (Penilaian no. 2)(mengkomunikasikan)
|
145 Menit
|
Penutup
|
Guru
menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari. Dengan arahan
guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
|
15
Menit
|
H. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : rasa ingin tahu, tekun, teliti, kreatif
b. Unjuk Kerja :
Keterampilan membuat kalimat “Buklet”
c. Penilaian
Pengetahuan : Menjawab soal
2.
Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Daftar
periksa IPA tabel pengamatan benda-benda elektronik.
KRITERIA
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Mencantumkan kegunaan benda
elektronik
|
||
Mencantumkan perubahan bentuk energi
|
b. Penilaian Pengetahuan
Muatan Bahasa Indonesia
Bentuk Soal :
Tulislah kalimat sederhana tentang energi listrik dan manfaatnya.
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
||||||||
Pemilihan Kosa Kata
|
Ejaan
|
Sistematika Penulisan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Beni
|
|||||||||
2.
|
Siti
|
|||||||||
3.
|
Dayu
|
|||||||||
Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali
|
Muatan Matematika
c. Penilaian
Sikap
Lembar pengamatan
Minggu ke-……. Bulan
…………2013 Subtema ………….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||||||
Rasa ingin tahu
|
Tekun
|
Teliti
|
kreatif
|
||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MD
|
BT
|
MT
|
MB
|
MD
|
BT
|
MT
|
MB
|
MD
|
BT
|
MT
|
MB
|
MD
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Beni
|
||||||||||||||||
2.
|
Siti
|
||||||||||||||||
3.
|
Dayu
|
||||||||||||||||
Keterangan :
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
MD : Membudaya
Berilah
dengan centang (ü)
pada kolom yang sesuai
|
Nama
Kelompok 2 (ARJUNA)
1.
SUYANTO
2.
AHMAD FATHONI
3.
FATIKHI
4.
ALOYSIUS WAKID
5.
FURQON
0 komentar:
Posting Komentar